Entri Populer

Senin, 15 Februari 2010

Cerita Kenangan



Kenangan Masa Kecil

Kenangan masa anak anak : ayahku, ibuku, dan kakak perempuan  selalu mengasuh dan menghibur aku

dan kakak laki laki ku, kami  sekeluarga merasa berbahagia.  Mereka mengajarku lagu lagu yang lucu.


Orong orong bangkong


Orong-orong bangkong, kong

Konge muna muni, ni

Niat ngajak rukun,kun

Kunang, minta tabe, be

Beo ngajak padu, du

Jue lagi ngendog, ndog

Ndoge lagi sanga dadar papat kari lima


Lagu ini sering dinyanyikan ayah, juga ibu waktu membobokkan aku, lebih-lebih waktu hujan, aku cepat tertidur. Lagu itu juga membelajari aku 9 dikurangi 4 tinggal  lima***



Bung bung pait


Bung bung pait, bung bung pait

rep njajan duwite ringgit

Ringgit ringgit gundul jotaanku mlayu ngidul

Ngidul ngidul ngetan, ngidul ngidul ngetan

Jotaanku ngajak dolan

Dolan nyang betawi durung tekan ngajak bali

Bali metu ngalor, bali metu ngalor

Jotaanku kudung bakor

Bakor, bakor suwek jotaanku mewek-mewek

Rupane kaya ketek.


Lagu ini dinyanyikan apabila punya teman yang lagi jotaan, sehingga teman yang jotaan akan baikan kembali. Jotaan, adalah dua orang anak yang saling mendiamkan dan tak mau saling bicara, karena masih ada masalah yang tak bisa diselesaikan.


Lagu ini sering diperdengarkan, kakak perempuanku yang masih kecil juga, membuat aku tertawa karena lagunya lucu dan jenaka***

Miyoto kaino


Kalau ibu mengenalkanku dengan lagu Zaman Jepang ; miyoto kaino

Miyoto kaino serakete ………..

Lagunya tahu, syairnya lupa,lupa ingat dan tidak bisa pas ***



Si Kuntang



Si Kuntang dolanan, dolanane, pesagi bunderan

Menyanyikan lagu itu sambil menggambar kotakan, segitiga dan setengah lingkaran menjadi satu dan tidak
boleh tumpang tindih dan waktu menggambar, alat tulisnya tidak boleh diangkat. Syair ini dinyanyikan sesuai
perjanjian, apa 3x, apa 5x, sampai jadinya gambar itu. Lagu dan permainan itu asli buatan kakak
perempuanku, berkesan sekali. Permainan ini tidak pernah akan selesai. Karena Si Kuntang kalau
disambung-sambung pasti tumpang tindih***



Cerita di sekolah Taman Kanak-kanak

Terwelu Loro

Ana terwelu loro,rebutan roti siji

Njaluk tulung marang ketek,

Ketek gelem.

Roti siji diparo

Ditimbang abot sisih dicuwil diemplok,

Ditimbang maneh abot sisih dicuwil diemplok

Suwe suwe rotine entek

Terwelu loro pada ndomblong.



                               Bango tongtong


Ana manuk bango tongtong, mabur ana ngara-ara

Weruh gendul isi banyu setitik,

Bango tongtong arep ngombe,

Bango tongtong nemu akal.

Gendul diisi krikil, suwe suwe banyune kebak

Manuk bango tong tong ngombe sawarege.


Lagu lagu di  SD


Tawangmangu


Tri kembang mondokaki, mlati lan kembang kenanga

Putih kembang cepaka

E, kembange mawar, kang pinuju lagi megar, gandane arum angambar                                      

Mula agawe bingar.

E, kanca-kancaku, ayo pada mlaku mlaku   
Aneng Kuta Tawangmangu,adus Grojogan sewu.


Terowong


Terowong, terowong, keretaku masuk terowong

Kesana, kesini, nanti ku langgar lagi.                                                                             

Ju, maju, rus, terus, keretaku amat bagus.


 Permainan ular-ularan, dua anak    

 menjadi terowongnya, yang lain berbaris menjadi kereta api.                            

 Ada temanku  bernama Amat, tersipu malu malu.***


Nyata kowe wasis


Nyata kowe wasis, sis

Bedeken sig gelis, lis,lis,lis

Cangkriman telu iki

Jangkrik sungut slawe, batangane apa

Manuk ndase telu, batangane apa.

Bapak demang,mang

klambi abang, bang,bang,bang

Disuduk mantuk mantuk

Waktu seusia itu, aku tak bisa menemukan jawabannya, namun semakin bertambah usiaku, akhirnya aku
menemukan jawabannya.

Jangkrik sungut slawe, jangkrik sungute sak lawe,

Manuk ndase telu, manuk ndase dibuntel wulu

Bapak  demang, klambi abang, sisa bunga jantung pisang diujung tandan pisang yang masih di pohonnya,

ketika akan diambil dengan di sengget, pasti jantung pisang itu akan mantuk mantuk (mengangguk angguk)



SEPATU TEMANKU

Waktu aku masih sekolah SD 13, di kotaku,  hampir semuan muridnya ya tidak memakai sepatu.

Di kelasku hanya ada seorang temanku yang memakai sepayu.Maklum orang tuanya mampu memnelikannya.

Sudah seminggu ini, maaf, bokongku merasa sakit sekali, tersenggol sedikit saja  sakit sekali. apalagi panas rasanya,

Pada suatu hari ketika aku pulang sekolah, dari arah belakangku  ada suara anak sedang berlari larian. Tiba

tiba saja dia tendang bokongku dengan kerasnya, tepat pda bokongku yang sakit.Aku meneruskan perjalanan

pulang kerumah. Sesampai dirumah aku tiduran sambil menahan sakit. Tiba tuiba saja ayah mendatangi aku,

sambil menyingkapkan celna pendekku, ayah berkata kenapa bokongmu  berdarah.Kemudian ayah bilang:

oh, kamu bisulan, tapi suda pecah, sebentar lagi kan sembuh/ Ternyata aku kena bisulan. Didalam hatiku aku

berterima kasih pada temnku yang menendang ku.Namun pada pada keesokkan harinya, tidak satupun

temanku yang kubertahu, termasuk temanku yang menyembuhkanku.Aku takut namaku ditambah "bisul"

malu. kan./ (60an)


WINGI AKU TUKU TEBU


wingi aku tuku tebu, ayo bu,

buta lemu, ayo mu,

muna muni, ayo ni,

niku napa, ayo pa,

pada lunga, ayo nga,

ngala asu, ayo su,

susu sapi, ayo pi,

pira pira,ayo ra,

rasa keju, ayo ju,

juni juli, ayo li

lira liru,ayo ru,

rupa edi, ayo di,

dira padu, ayo du,

dudu kuwi,ayo wi,

wingi aku tuku tebu ayo,bu.........




Sunset di pinggir kali.


Kisah ini terjadi sewaktu usia sekolah dasar. Kakakku laki laki mas Totok, sepupu perempuanku Mbak Nur

dan aku adalah ketiga bocah lucu. Aku sering bermain sembunyi sembunyian, serta juga main bentik, dan

permainan anak anak seusia waktu itu.

Sore itu,ketika sedang main, kulihat Sahri kawan sekolahku berjalan sambil menggiring belasan ekor

kambing, katanya  kambingnya mau di ajak ke halaman belakang sekolah.Disana banyak rumput segar.  Yah

aku bertiga jadi mengikut, ikut nggembala kambing. Kambingnya besar besar. Aku bersama saudara

saudaraku dan temanku penggembala kambing bergurau tanpa terasa sudah sampai dibelakang sekolah. Aku

berempat berjajar membelakagi sebuah kali yang jernih,didepanku tampak dilangit matahari yang mulai turun.

Senang hatiku melihat pemandangan sore ini.  Sunset kelihatan indah disore hari. Tak lama kemudian

matahari betul betul sudah berada dibalik gunung, dan tak terasa hari telah gelap. Tak lama kemudian ayahku

dan pakdeku menyusul, aku dijemput, sekaligus dimarahi, karena sayangnya..


KELUARGAKU (My Family)

Aku dilahirkan sebagai putera ketiga ayah dan ibuku. Aku bernama Arief, Bapak ku bernama Bapak Basuki

dan Ibuku, Ibu Siti Umiyati.

Kakakku seorang wanita bernama kak Yanti,

Kakak ku kedua, laki laki bernaa kak Yanto atau mas Totok.

Dan aku masih punya 2 orang adik  laki laki, bernama:

Dik Yono dan dik Toyo.

Kami lima bersaudara merasa hidup bahagia, kedua orang tua kami sangat mencintaiku.

Aku sejak kecil hoby wayang. Sehingga kalau ada pertunjukan wayang pasti menontonnya. Sehingga kalau

sudah tengah malam, paasti ayah menjemputya. Ayah membantu hobyku. Ayah sering membelikan aku buku

komik  wayang, juga kartu kartu bergambar wayang. Aku menntai ayah. Aku pernah sambil tidur pernah

mendalang, baru satu adegan aku berhenti, ayah minta aku meneruskannya. Aku jadi malu. Ternyata ayah ku

mendengarkan ocehanku,waktu mendalang. Degan bekal modal semua apa yang pernah aku baca, juga yang

pernah aku tonton dipanggung wayang, serta melihat pertunjukan wayang kulit atau wayang orang pada

puluhan tahun yang lalu, maka kini ku ekpresikan dengan menceritakan kembali kedalam blog ini, tentunya

sesuai dengan imajinasi dan perkembangan budaya sekarang.

Kani berhasil menghimpun cerita wayang kulit, wayang klitik dan wayang gedog, namun sebagian kecil saja,

maklum cerita wayang tidak akan pernah habis,ada pepatah Jawa mngatakan ,dalang ora kurang lakon.


dalang tidak pernah kehabisan cerita. Dalang adalah yang menjalankan wayang. atau sutradara.

Aku pernah punya saudara sepupu, anak dari paman ku, namanya Mr.Glompong, anaknya gemuk besar. Ia

lucu sekali.Ia juga suka wayang. Aku dibawakan beberapa wayang, ada Bathara Guru, ada Setyaki, juga

Semar, Garemg , Petruk dan Bagong.

Hampir tiap sore, aku dan kakaku Mas Totok diajak ke Taman bermain  anak, dikotaku. Disana ada

bandulan, ada slurutan (prosotan)  asyik sekali, Ya kira kira waktu sd kelas kelas dua gitu.. kami bermain sampai sore.

1 komentar:

  1. The titanium watch band at this price - Titanium Arts
    The titanium watch band at this titanium nitride gun coating price · Description: The titanium watch band at this price · Description: babylisspro nano titanium hair dryer The titanium watch band at this price · Description: The titanium watch band at this price · titanium tv Description: The titanium watch titanium scrap price band at this micro titanium trim

    BalasHapus